menu blog

Jumat, 28 Juni 2013

20 TULISAN DAN FAKTA KEINDAHAN INDONESIA YANG MENDUNIA




Tulisan 1 : Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat
              Raja Ampat adalah kepulauan di papua barat yang amat indah, keindahan kepulauan ini terkenal hingga ke seluruh dunia dengan keindahan pantai, laut, kehidupan bawah laut, iklim tropis dan dipadu keindahan pepohonan yang rimbun dan masih asri.Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong, sejak 2003. Kabupaten berpenduduk 31.000 jiwa ini memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni) dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, namun hanya 6.000 km2 berupa daratan, 40.000 km2 lagi lautan. Pulau-pulau yang belum terjamah dan lautnya yang masih asri membuat wisatawan langsung terpikat. Mereka seakan ingin menjelajahi seluruh perairan di “Kepala Burung” Pulau Papua.


              Sejumlah turis tampak asyik bersantap dan mengobrol santai sambil memandang lepas ke arah laut yang didominasi warna biru, hijau, dan putih. Warna-warna itu muncul karena pengaruh dari hamparan terumbu karang di dasar laut yang dangkal maupun dalam. Mereka sedang menikmati makan siang di Papua Diving Resort, perairan Irian Jaya Barat.
             Teriknya matahari dan cerahnya udara justru membuat gemas para tamu untuk kembali menyelam dan menyelam. Cahaya matahari kerap menembus celah-celah gelombang laut sampai ke karang. Keelokan pemandangan dan biota lautnya memang membuat kesan mendalam bagi para wisatawan. Bagi pencinta wisata pesisir dan bawah air yang fanatik, Raja Ampat sangat dikenal bahkan dinilai terbaik di dunia untuk kualitas terumbu karangnya.Banyak fotografer bawah laut internasional mengabadikan pesona laut Raja Ampat. Bahkan ada yang datang berulang kali dan membuat buku khusus tentang keindahan terumbu karang dan biota laut kawasan ini. Pertengahan 2006 lalu, tim khusus dari majalah petualangan ilmiah terkemuka dunia, National Geographic, membuat liputan di Raja Ampat yang akan menjadi laporan utama pada 2007.



Tulisan 2: Mendaki Rinjani, Oh Indahnya...

KOMPAS.com - Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu ikon dari Keindahan alam Indonesia. Tidak heran Rinjani menarik banyak wisatawan mancanegara untuk mendakinya dan melihat langsung keindahan Gunung Rinjani. Selain itu Gunung Rinjani merupakan salah satu spot terindah dan diincar oleh banyak fotografer karena medannya untuk mendaki terbilang sulit dan butuh persiapan yang matang. Dibutuhkan banyak persiapan dan perlengkapan untuk bisa mendaki dengan nyaman.
Ketika kita mendengar Gunung Rinjani yang terbayang adalah keindahan gunung ini dan cerita-cerita seru selama pendakian, tidak heran Gunung Rinjani merupakan sebuah gunung yang esksotis dan sebuah ikon di Pulau Lombok, NTB. Dengan tingginya yang mencapai 3.726 meter dari permukaan laut (mdpl), gunung ini pun mencatatkan dirinya sebagai gunung api tertinggi ke-2 di Indonesia, setelah Gunung Kerinci di Tanah Sumatera.
Gunung Rinjani terletak di 3 wilayah kabupaten di Lombok, yakni Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur dan masih berstatus gunung api aktif sampai sekarang. Para ahli vulkanologi memperkirakan, Gunung Rinjani meletus pada tahun 1257.
Kemudian, pada letusan yang terjadi pada tahun 1874, di tengah kawah Rinjani muncul sebuah gunung baru, yang kemudian dikenal dengan Gunung Baru Jari (2.376 mdpl).
Aktivitas Rinjani terakhir terjadi pada tahun 2010 yang melontarkan lava dan meterial vulkanik lainnya hingga area sejauh 5,5 km. walaupun masih beberapa kali meletus, kita masih bisa mendaki. Tentunya dengan izin terlebih dahulu ke Taman Nasional, karena merekalah yang bisa menentukan kita untuk bisa naik apa tidaknya dengan memperkirakan cuaca alam dan aktivitas gunung tersebut.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2013/05/29/17233475/Mendaki.Rinjani.Oh.Indahnya.


Tulisan 3 : Wisata Taman Nasional Pulau Komodo NTT


Terletak di ujung barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya diantara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dikembangkan oleh pemerintah pusat sebagai Taman Nasional Komodo. Lebih tepatnya pulau ini sebagai habitat asli dari komodo, di pulau ini terdapat 2500 ekor komodo, selain komodo pulau ini juga memiliki kekayaan flora yang beraneka ragam seperti kayu sepang yang digunakan oleh warga sekitar sebagai pewarna pakaian ataupun pohon nitak yang dipercaya bisa sebagai obat yang bijinya gurih dan enak seperti kacang polong. Tahun 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi finalis "New Seven Wonders of Nature".
Mayoritas orang-orang yang tinggal di Pulau Komodo dan sekitarnya adalah Nelayan yang berasal dari Bima ( Sumbawa ), Manggara, Flores Selatan, Sulawesi Selatan yang berasal dari suku Bajau Bugis. Suku Bajau awalnya suku yang hidup sebagai pengembara yang senang berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainya. Taman Nasional Pulau Komodo di temukan sekitar tahun 1980 dan telah di nyatakan salah satu bagian dunia yang perlu di lindungi dan biosphere reserve oleh badan UNESCO pada tahun 1986. 

Taman Nasional ini awalnya di bentuk dengan tujuan untuk melesatarikan spesies Naga yang unik dan langka ( Komodo ) yang di kenal dengan bahasa ilmiahnya Varanus Komodoensis yang di temukan pertama kali oleh JKH Van Steyn sekitar tahun 1911. Setelah itu bukan hanya Naga Komodo yang di lindungi tapi semua keanekaragaman hayati baik laut dan darat masuk dalam wilayah konservasi Taman Nasional Pulau Komodo.
Dan Pulau ini juga memiliki kekhasan tersendiri dengan savana dan keindahan alam bawah lautnya, di pulau ini banyak hal yang bisa kamu nikmati antara lain, jika kamu hobi hiking di sini tempat yang paling tepat untuk hobi kamu, kamu juga bisa camping atau hanya sekedar mengamati satwa yang ada di sana. Sedangkan untuk wisata airnya banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti memancing, diving, snorkling, kano atau hanya berkeliling dengan menggunakan sampan. Pulau Komodo sangat tepat bagi kamu yang menyukai wisata alam.
Selain itu masih banyak daya tarik untuk pulau ini yang wajib dikunjungi, antara lain:
  • Satu-satunya pulau di dunia yang memiliki kadal terbesar yaitu komodo
  • Pada perairan di pulau ini terdapat perairan bawah air
  • Dasar laut perairan komodo merupakan dasar laut terbaik di dunia
  • Di permukaan laut banyak terdapat dataran kering yang berbentuk karang
Sebagai salah satu objek wisata andalan Indonesia, Pulau Komodo menyediakan akomodasi mulai dari pondokan yang didirikan masyarakat setempat sampai resort bertaraf internasional. Bagi wisatawan domestik, Anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 75.000, sedangkan wisatawan asing sebesar US$ 15. Untuk mencapai Pulau Komodo, Anda dapat melalui rute pesawat dari Kupang (ibukota Nusa Tenggara Timur-NTT) ke kota Ende di Pulau Flores. Berikutnya perjalanan dilanjutkan dengan minibus ke Labuhanbajo yang memakan waktu 10 jam. Dari Labuhanbajo, speedboat akan membawa Anda ke Pulau Komodo setelah menempuh penyeberangan selama 2 jam. Beberapa rute lainnya dapat Anda tempuh dengan penerbangan dari Bali sesuai maskapai penerbangan yang melayani tujuan ke NTT. Berbagai paket wisata yang ditawarkan agen wisata rasanya cukup menarik untuk dicoba bagi Anda yang baru pertama kali mendatangi Pulau Komodo ini.
Sumber : http://ariechicarito.blogspot.com/2013/05/wisata-taman-nasional-pulau-komodo.html





Tulisan 4 :  Wisata Danau Air Asin Pulau Satonda Dompu



Puluhan ribu tahun yang lalu sebuah gunung api di Semenanjung Sanggar pada bagian utara pulau Sumbawa, meletus. Gunung yang muncul dari kedalaman 1.000 meter di bawah permukaan laut ini, akhirnya membentuk pulau kecil dengan sebuah danau seluas 0,8 km2 di dalamnya. Uniknya air danau ini tidak tawar melainkan asin, bahkan lebih asin dari air laut.


Pada awalnya danau dengan kedalaman mencapai 68 meter ini, merupakan danau air tawar. Namun, letusan maha dahsyat Gunung Tambora tahun 1815 yang menyebabkan perubahan iklim global dunia pada saat itu, mengirim gelombang tsunami hebat ke pulau ini dan membuat air danau menjadi asin. Setelah terisolasi dalam jangka waktu yang lama, karena sama sekali tidak ada saluran-saluran penghubung dengan laut di dekatnya, menyebabkan kehidupan disini berkembang dengan unik. Misalnya jenis ikan penghuni danau yang juga mengandung kadar garam cukup tinggi, hanya berukuran kecil tidak dapat tumbuh menjadi besar. Lain halnya dengan alga merah, kondisi air seperti ini membuatnya berkembang dengan subur di permukaan karang-karang di danau. Para ilmuwan beranggapan bahwa danau di Satonda memiliki kemiripan dengan kondisi laut di zaman purba melalui penelitian terhadap fosil-fosil alga tersebut.

Sekeliling danau merupakan daerah perbukitan yang tertutup hutan dengan dinding-dinding terjal. Pepohonan beringin dengan sistem perakarannya yang khas banyak dijumpai di sini. Kesunyian di sini kadang-kadang terpecahkan oleh suara kicauan burung dan belibis yang bermain di danau sedangkan kawanan kalong dalam jumlah besar sering terlihat beterbangan. Begitu pula dengan kupu-kupu, keanekaragaman jenisnya dapat kita temukan di hutan. Perairan laut di sekitar Pulau Satonda juga masih memiliki terumbu karang yang bagus dan penuh dengan berbagai jenis ikan.

Satonda juga menyajikan pemandangan yang sangat indah, berpadu dengan keheningan alam. Karena itu, tidak mengherankan jika pulau ini cukup sering dikunjungi oleh wisatawan asing. Biasanya mereka menggunakan kapal wisata dan mampir ke Satonda dalam perjalanan dari Bali atau Lombok menuju Pulau Komodo. Selain menikmati keindahan alam, biasanya para wisatawan ini selalu menyempatkan diri untuk berenang di danau. Sementara bagi wisatawan yang pandai menyelam, dapat melihat keindahan terumbu karang di dekat pulau ini. Di daerah ini juga terdapat pohon-pohon berbuah batu. Di sini terdapat suatu kepercayaan yang mengatakan jika ada turis yang datang ke Satonda, lalu dia menggantungkan batu ke pohon sambil mengharapkan sesuatu maka keinginannya akan terkabul. Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris termasuk salah seorang yang melakukannya ketika mengunjungi tempat ini pada tahun 1990-an.

Satonda hanyalah sebuah pulau kecil seluas 4,8 km2 yang sangat rentan terhadap perubahan. Status pulau ini merupakan kawasan konservasi berupa Taman Wisata Alam. Tanpa adanya kegiatan pengelolaan yang memadai dikhawatirkan keunikan Satonda ini terancam hilang. Selain itu, pengembangan pariwisata yang tidak terkontrol seperti jumlah pengunjung yang berlebihan dan tanpa pengaturan atau pengembangan fasilitas yang tidak tepat dapat merusak lingkungan pulau, sehingga menjadi ancaman utama di masa depan.
sumber : wisata alam dompu

TULISAN 5 : Pantai Dreamland
Objek wisata pantai Dreamland berada di daerah bernama Pecatu. Masih di selatan pulau Bali, Jimbaran dekat dengan GWK ini memang memiliki keindahan yang menyamai KUTA dan malah lebih unik dari kuta, banyak yang bilang The next Kuta beach, tempatnya jauh lebih indah dan lebih sepi pengunjung. Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi dan dikelilingi batu karang yang besar di sekitar pantainya. Pantai berpasir putih ini, terletak di bawah tebing yang terjal dengan pemandangannya yang begitu memukau.

Asal usul nama Dreamland dikarenakan dulu di area ini sempat terdapat sebuah proyek perumahan dan objek wisata. Namun proyek tersebut terhambat dan terbengkalai sedangkan para penduduk desa Pecatu yang dulunya hidup sebagai petani sangat berharap proyek selesai dan mereka bisa menekuni bisnis lain di bidang pariwisata. Karena besar harapan masyarakat dan tanah ini menjadi tanah masa depan mereka maka diberilah nama tanah ini dengan dream land (tanah impian)
Pantai Dream land sendiri hampir mirip dengan objek wisata pantai Kuta banyak yang bilang The next Kuta beach, namun jauh lebih indah dan lebih sepi pengunjung. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. Airnya pun masih tampak sebening Kristal. Karena tempatnya yang sepi dan tekstur ombaknya yang bisa dibilang lumayan bagus buat surfing, banyak wisatawan mancanegara untuk datang kesini . Tempat ini juga memiliki karang yang luar biasa unik. sering sekali digunakan untuk pemotretan prewed, model atau bahkan untuk shooting film yang ditayangkan di Indonesia dan luar. Karang ini juga yang menambah nuansa erotis dan romantis dari Pantai ini disamping sunsetnya.

TULISAN 6 : Danau Labuan Cermin, Pesona Lain Berau

pagi itu langit Biduk-Biduk terlihat cerah. Di awal April, cuaca lebih sering cerah ketimbang turun hujan. Saya beruntung, karena tidak dihalau oleh mendung apalagi hujan. Gerimis turun hanya sebentar saja ketika saya berada di Danau Labuan Cermin. Selebihnya cerah sekali. Karena tujuan utama saya adalah mencari objek foto dengan latar langit yang cerah. Dan tentu saja ingin mengenal lebih jauh tentang Biduk-Biduk dengan cara traveling sendirian.

Biduk-Biduk merupakan kecamatan kecil di pesisir Kalimantan Timur. Merupakan bagian dari Kabupaten Berau. Biduk-Biduk terkenal akan potensi wisata bahari nya. Karena memang letaknya yang berada di garis pesisir Pulau Kalimantan.

Belakangan ini, potensi wisata tersebut mulai diangkat ke permukaan. Sebut saja Danau Labuan Cermin di desa Labuan Kelambu, Biduk-Biduk. Merupakan danau tersembunyi dibalik rimbun nya pepohonan dan batu cadas di sekitar desa Labuan Kelambu. Jaraknya hanya sekitar 15 menit dengan menggunakan kapal kayu dari dermaga Labuan Kelambu.

Danau memiliki air yang sangat jernih dan bersih. Bahkan uniknya, air di Danau Labuan Cermin memiliki dua rasa. Yakni asin dan tawar. Pada bagian bawah nya adalah air asin sedangkan bagian atas nya adalah air tawar. Unik nya lagi, dua jenis air ini tidak bercampur sama sekali. Hal ini terbentuk secara alami.
Danau Labuan Cermin memiliki warna air danau yang hijau bening. Bahkan dari atas permukaan danau,  ikan dan dasar danau bisa terlihat dengan jelas. Apalagi ketika matahari bersinar dengan sangat cerah, sinar nya mampu menembus hingga dasar danau. Itulah kenapa warga sekitar menamakan danau ini dengan embel-embel cermin. 

TULISAN 7 : Danau Toba-Sumatra Barat
Danau Toba adalah salah satu obyek wisata andalan negeri kita yang terletak di propinsi Sumatera Utara tepatnya 176 km dari kota Medan. Danau Toba beserta pulau Samosirnya memiliki wisata alam, wisata sejarah, wisata spiritual, ataupun wisata arsitektural dan kuliner. Dengan hamparan air danau yang jernih dan pemandangan pegunungan yang hijau itu hanya sebagian kecil hal yang bisa menggambarkan akan keindahan alam danau Toba.
Menurut penelitian, danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi super (gunung toba) yang meletus sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Letusan itu menyebabkan kematian jutaan manusia dan kepunahan berbagai spesies di sekitarnya. Letusan itu juga mempengaruhi peradaban dunia dengan terjadinya perubahan cuaca dan mulainya zaman es.
                                             
Danau Toba dan Pulau Samosir
Danau Toba bila dilihat lebih mirip dengan laut dikarenakan memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Kita patut bangga karena danau Toba ini merupakan terbesar di Asia dan yang paling dalam di dunia dengan kedalaman 505 meter. Danau bertipe vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di dunia setelah danau Victoria di Afrika.

Di tengah danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik yaitu pulau Samosir yang berada di ketinggian 1.000 meter dpl. Uniknya lagi di pulau Samosir sendiri terdapat dua danau nan indah yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Bila sobat berwisata kesini, sobat bisa menemukan beberapa air terjun yang mempesona dan juga tempat pemandian air belerang yang berkhasiat dalam penyembuhan berbagai macam penyakit kulit. Daerah sekitar danau Toba memiliki hutan - hutan pinus yang tertata rapi dan asri. Disana sobat juga bisa mengunjungi Tanjung Unta, dinamakan demikian karena daratan tersebut menjorok ke danau dan berbentuk punggung unta. Selain panorama danau dan pulau Samosirnya, sobat bisa menikmati keindahan alam pedesaannya yang masih asri.

TULISAN 8 : Keindahan Alam di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Indonesia


Wakatobi Island sebuah daerah yang berlokasi di Laut Banda Sulawesi Tenggara merupakan Daerah tujuan wisata yang sangat fantastis sebagai wisata selam dan Wisata Laut yang di miliki indonesia tercinta.
Keajaiban Laut Bawah dan terumbu karang terbaik di dunia menjadikan wakatobi sebagai salah satu tujuan wisata ( wisata menyelam khususnya ) yang wajib anda kunjungi bagi anda pecinta Diving.
Wakatobi Resort menawarkan penyeleman kelas dunia didukung oleh rumah karang yang spektakuler serta kemudahan akses ke tempat penyelaman dengan keanekaragaman kehidupan bawah laut ditambah lagi dengan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan aktifitas selam yang sangat terjamin dengan wilayah laut yang terproteksi.
Wakatobi Resort juga memiliki staff yang berpengalaman dan berpengetahuan dalam pelayanan wisata, dengan sajian menu makanan yang sehat dan keanekaragaman rasa, serta dilengkapi dengan perangkat komunikasi satelit dengan akses internet 24 jam, sehingga Wakatobi Dive Resort melayani tamu dengan pelayanan standar dunia.
Resort ini juga dilengkapi dengan lapangan terbang Maranggo di pulau Tomia dengan jalur penerbangan yang menghubungkan pulau Bali ke Tomia akan membuat perjalanan ke Wakatobi semakin mudan dan nyaman.
Berikut Koleksi Foto Foto Wakatobi ,Mungkin Bisa Menjadi Gambaran anda agar tertarik mengunjungi Wakatobi Island :

TULISAN 9 : GUA JOMBLANG Menemukan Hutan Purba dan Cahaya Surga di Dasar Gua


Gua Jomblang merupakan salah satu gua dari ratusan kompleks gua Gunungkidul yang terkenal karena keunikan dan keindahannya yang tidak terbantahkan. Pada tahun 2011, Gua Jomblang dijadikan tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika. Terletak di rentangan perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah; hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur; gua vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Karena itu gua yang memiliki luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.
Untuk memasuki Gua Jomblang diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Oleh karena itu, siapapun yang hendak caving di Jomblang wajib menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standar kemanan caving di gua vertikal dan harus didampingi oleh penelusur gua yang sudah berpengalaman.






 

TULISAN 10 : ES ABADI PUNCAK JAYAWIJAYA

Bagi kebanyakan orang Indonesia hidup di daerah tropis berarti tidak akan bisa menikmati hujan salju seumur hidup kecuali anda harus ke luar negeri, tapi anggapan itu harus di rubah, ya di Puncak Jayawijaya, puncak tertinggi di Pegunungan Sudirman (Sudirman Range) di Provinsi Papua. Puncak Jayawijaya atau yang lebih singkat disebut Puncak Jaya, memiliki ketinggian mencapai + 4.884 meter di atas permukaan laut (dpl), sehingga memungkinkan daerah ini diselimuti oleh salju abadi dan bisa digunakan untuk menikmati KEINDAHAN DAN KEMEGAHAN ES ABADI PUNCAK JAYAWIJAYA .
namun, salju abadi tersebut diperkirakan bakal menyusut, bahkan mengering. Dalam sejumlah penelitian disimpulkan bahwa endapan es di pegunungan ini dari tahun ke tahun mengalami penyusutan yang serius. Penyusutan salju di Pegunungan Sudirman ini diakibatkan oleh pemanasan global. Sehingga, bukan tidak mungkin kelak pegunungan ini akan kehilangan salju seperti yang terjadi pada Gunung Kilimanjaro di Tanzania. Nah, sebelum perkiraan itu betul-betul menjadi nyata, tak ada salahnya Anda mencoba menaklukkan puncak tertinggi di Indonesia ini. Selain dikenal dengan nama Puncak Jaya,

Pegunungan Jayawijaya adalah pegunungan di wilayah Papua Indonesia yang juga disana terletak salah satu dari 7 puncak dunia di 7 benua, yakni Carsztenz Pyramid berada. Pegunungan Jayawijaya juga pegunungan di Indonesia yang berjuluk gunung beratap salju di Khatulistiwawalaupun tidak semua puncak di Jayawijaya berselimut salju. Bahkan banyak salju di puncak - puncak Jayawijaya yang mulai menghilang karena perubahan iklim.
 
TULISAN 11 :  Candi Borobudur


Siapa tak kenal Candi Borobudur? Candi Budha ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya. Jutaan orang mendamba untuk mengunjungi bangunan yang termasuk dalam World WonderHeritages ini. Tak mengherankan, sebab secara arsitektural maupun fungsinya sebagai tempat ibadah, Borobudur memang memikat hati.

Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, seorang Indonesia bernama Hudaya Kandahjaya mengungkapkan bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun. Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras (budhara), sementara beberapa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi.

TULISAN 12 : Danau Sentani-Papua

Tidak hanya Raja Ampat saja, Papua ternyata kaya akan keindahan alam. Salah satu kekayaan tersebut adalah Danau Sentani di Jayapura. Danau yang luas dan menjadi keheningan dalam damai di tanah Papua.
Berkunjung ke Papua, dijamin Anda akan terpukau oleh alamnya. Hutan-hutan lebat, danau, dan pulau-pulau kecil nan cantik, menjadi suguhan utama dari Papua. Saat ke Papua, sempatkanlah berkunjung ke Danau Sentani. Ada keheningan dan aneka macam budaya masyarakat Papua di sana.
Dari situs resmi pariwisata Indonesia yang dikunjungi detikTravel, Kamis (31/5/2012), danau ini memiliki pemandangan yang indah dan terletak di dekat Jayapura, ibu kota Provinsi Papua. Danau ini merangkul Pegunungan Cyclops di sebelah utara dan menjadi tempat tinggal bagi 24 desa yang betengger sekitar danau.
Untuk melihat kilauan air danaunya, Anda bisa melihatnya dari Bukit Makatur. Di sini terpampang jelas keindahan Danau Sentani. Danau yang biru dipadu dengan warna hijau dari jajaran Pegunungan Cylops, menjadikan suasana seperti keheningan tanpa batas. Di bukit tersebut juga terdapat museum yang berisikan kisah Jenderal Mac Arthur, jendral perang AS, selama Perang Dunia II.
Mengarungi danau juga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda dapat menyewa perahu dari masyarakat sekitar untuk menjelajahi Danau Sentani. Hembusan angin dan suasana yang syahdu dapat Anda temui selama perjalanan. Jangan lupa untuk bertemu masyarakat sekitar yang sangat ramah di tepian danaunya.
Danau Sentani memiliki luas sekitar 110 km2, dan terdapat beberapa pulau kecil di tengahnya, antara lain Pulau Asei, Pulau Ajau, Pulau Yobeh, Pulau Kensio, Puyoh besar atau Putali, dan Pulau Yonokom. Salah satu yang terkenal Pulau Asei dengan kerajinan lukisan kulit kayunya. Lukisan yang unik!
Danau ini juga merupakan rumah untuk 33 jenis ikan. Sebagiannya adalah ikan yang hanya hidup di pulau ini, salah satunya yaitu ikan gergaji (Pristis Microdon). Anda pun bisa merasakan kuliner ikan yang khas di sekitar danau. Masyarakat di sekitar Danau Sentani sangat ramah dan terbuka kepada turis. jadi jangan malu untuk menyapa mereka.
Keheningan Papua terletak di Danau Sentani. Pesonanya akan membuat Anda menggagumi alam Papua.


TULISAN 13 : Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.
Gunung Bromo bukan hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, tetapi sudah menjadi agenda kunjungan wisata bagi masyarakat dunia. Tidak pernah sepi dari kunjungan para turis, bahkan mereka betah berhari-hari tinggal disana.
Meniti tangga menuju puncak Gunung Bromo untuk menyaksikan terbitnya matahari bukan suatu hal yang terlalu berlebihan. Namun bermain-main dibibir kepundan yang menganga kemudian merayap turun menjejakkan kaki telanjang pada magma beku untuk mengukir nama kemudian mengabadikannya, barangkali hanya bisa dilakukan di Bromo tidak ditempat lain.
Gunung Bromo berada dikawasan pelestarian alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan merupakan Taman Nasional paling spektakuler dan paling mudah dikunjungi diantara Taman Nasional lainnya yang ada di Indonesia yang terletak antara 1.000 – 3.676 meter diatas permukaan air laut. Wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak pada rangkaian pegunungan berapi yang merupakan salah satu dari rangkaian besar pegunungan yang terbentang sepanjang Pulau Jawa. Dibagian utara pegunungan Tengger terdapat kaldera Tengger yang sangat indah dan menarik, garis tengahnya mencapai 8-10 kilometer, sedang dindingnya yang terjal tingginya antara 200–700 meter.


sumber: http://nurhaslinda-rahmawati.blogspot.com/2012/10/20-keindahan-wisata-alam-indonesia.html

TULISAN 14 : Taman Nasional Bantimurung

Menurut Sejarah bantimurung berasal dari kata banting dan murung. Bantimurung merupakan taman nasional wisata alam Indonesia. Terdapat banyak sekali wisata alam yang ditawarkan di tempat wisata yang ada di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan ini. Diantaranya adalah Air terjun bantimurung Penangkaran kupu-kupu, Goa, Cagar Alam dan lain-lain.
Menurut tata letak geografis Wisata alam bantimurung ini berada di sebelah utara Makassar, Lebih kurang membutuhkan waktu 30-60 menit perjalanan dari Bandar Udara Sultan hasanudin Maros. Tepatnya di Kecamatan Bantimurung Kabupaten maros Sulawesi Selatan.
Terdapat gunung dan perbukitan yang terdiri dari batu-batuan yang seprtinya dulu kala berupa karang sekedar informasi di Kabupaten Maros ini juga terdapat sebuah tempat penelitian Jagung Terbaik yang harganya bisa jutaan. Hingga jagung hasil penelitian di maros ini dijadikan bibit unggul nantinya.
Banyak sekali pesona wisata alam yang ada di kabupaten maros. Salah satunya adalah Bantimurung, diantaranya penangkaran kupu-kupu nasional.Beberapa spesies langka kupu-kupu di dunia yang hanya akan ditemui di taman nasional penangkaran kupu-kupu di Maros.
Selain itu, terdapat beberapa goa yang sekarang menjadi salah satu objek wisata di Bantimurung ini menurut sejarah awalnya Goa-goa batu di bantimurung ini adalah tempat bertapa dan tempat tinggal Karaeng Toakala atau raja Toakala hingga tak heran kala melintas sepanjang jalan menuju goa tersebut terdapat sebuah makam raja toakala atau kepala suku tersebut.
Ada juga wisata yang tidak kalah menarik dan paling berkesan di bantimurung yaitu Air terjun Bantimurung Wisata andalah di bantimurung karena tak akan lengkap ke Bantimurung sebelum menikmati indahnya air jatuh dari atas ke bawah dengan melawati bebatuan hingga seakan memanjakan mata bahwa terdapat pemandangan air terjun yang luar biasa.

TULISAN 15 :DANAU SENTANI 
 

Tidak hanya Raja Ampat saja, Papua ternyata kaya akan keindahan alam. Salah satu kekayaan tersebut adalah Danau Sentani di Jayapura. Danau yang luas dan menjadi keheningan dalam damai di tanah Papua.
Berkunjung ke Papua, dijamin Anda akan terpukau oleh alamnya. Hutan-hutan lebat, danau, dan pulau-pulau kecil nan cantik, menjadi suguhan utama dari Papua. Saat ke Papua, sempatkanlah berkunjung ke Danau Sentani. Ada keheningan dan aneka macam budaya masyarakat Papua di sana.
Dari situs resmi pariwisata Indonesia yang dikunjungi detikTravel, Kamis (31/5/2012), danau ini memiliki pemandangan yang indah dan terletak di dekat Jayapura, ibu kota Provinsi Papua. Danau ini merangkul Pegunungan Cyclops di sebelah utara dan menjadi tempat tinggal bagi 24 desa yang betengger sekitar danau.
Untuk melihat kilauan air danaunya, Anda bisa melihatnya dari Bukit Makatur. Di sini terpampang jelas keindahan Danau Sentani. Danau yang biru dipadu dengan warna hijau dari jajaran Pegunungan Cylops, menjadikan suasana seperti keheningan tanpa batas. Di bukit tersebut juga terdapat museum yang berisikan kisah Jenderal Mac Arthur, jendral perang AS, selama Perang Dunia II.
Mengarungi danau juga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda dapat menyewa perahu dari masyarakat sekitar untuk menjelajahi Danau Sentani. Hembusan angin dan suasana yang syahdu dapat Anda temui selama perjalanan. Jangan lupa untuk bertemu masyarakat sekitar yang sangat ramah di tepian danaunya.
Danau Sentani memiliki luas sekitar 110 km2, dan terdapat beberapa pulau kecil di tengahnya, antara lain Pulau Asei, Pulau Ajau, Pulau Yobeh, Pulau Kensio, Puyoh besar atau Putali, dan Pulau Yonokom. Salah satu yang terkenal Pulau Asei dengan kerajinan lukisan kulit kayunya. Lukisan yang unik!
Danau ini juga merupakan rumah untuk 33 jenis ikan. Sebagiannya adalah ikan yang hanya hidup di pulau ini, salah satunya yaitu ikan gergaji (Pristis Microdon). Anda pun bisa merasakan kuliner ikan yang khas di sekitar danau. Masyarakat di sekitar Danau Sentani sangat ramah dan terbuka kepada turis. jadi jangan malu untuk menyapa mereka.
Keheningan Papua terletak di Danau Sentani. Pesonanya akan membuat Anda menggagumi alam Papua.

TULISAN 16 :Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.
Gunung Bromo bukan hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, tetapi sudah menjadi agenda kunjungan wisata bagi masyarakat dunia. Tidak pernah sepi dari kunjungan para turis, bahkan mereka betah berhari-hari tinggal disana.
Meniti tangga menuju puncak Gunung Bromo untuk menyaksikan terbitnya matahari bukan suatu hal yang terlalu berlebihan. Namun bermain-main dibibir kepundan yang menganga kemudian merayap turun menjejakkan kaki telanjang pada magma beku untuk mengukir nama kemudian mengabadikannya, barangkali hanya bisa dilakukan di Bromo tidak ditempat lain.
Gunung Bromo berada dikawasan pelestarian alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan merupakan Taman Nasional paling spektakuler dan paling mudah dikunjungi diantara Taman Nasional lainnya yang ada di Indonesia yang terletak antara 1.000 – 3.676 meter diatas permukaan air laut. Wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak pada rangkaian pegunungan berapi yang merupakan salah satu dari rangkaian besar pegunungan yang terbentang sepanjang Pulau Jawa. Dibagian utara pegunungan Tengger terdapat kaldera Tengger yang sangat indah dan menarik, garis tengahnya mencapai 8-10 kilometer, sedang dindingnya yang terjal tingginya antara 200–700 meter.


sumber: http://nurhaslinda-rahmawati.blogspot.com/2012/10/20-keindahan-wisata-alam-indonesia.html

TULISAN 17 Taman Nasional Banti murung

Menurut Sejarah bantimurung berasal dari kata banting dan murung. Bantimurung merupakan taman nasional wisata alam Indonesia. Terdapat banyak sekali wisata alam yang ditawarkan di tempat wisata yang ada di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan ini. Diantaranya adalah Air terjun bantimurung Penangkaran kupu-kupu, Goa, Cagar Alam dan lain-lain.
Menurut tata letak geografis Wisata alam bantimurung ini berada di sebelah utara Makassar, Lebih kurang membutuhkan waktu 30-60 menit perjalanan dari Bandar Udara Sultan hasanudin Maros. Tepatnya di Kecamatan Bantimurung Kabupaten maros Sulawesi Selatan.

Terdapat gunung dan perbukitan yang terdiri dari batu-batuan yang seprtinya dulu kala berupa karang sekedar informasi di Kabupaten Maros ini juga terdapat sebuah tempat penelitian Jagung Terbaik yang harganya bisa jutaan. Hingga jagung hasil penelitian di maros ini dijadikan bibit unggul nantinya.
Banyak sekali pesona wisata alam yang ada di kabupaten maros. Salah satunya adalah Bantimurung, diantaranya penangkaran kupu-kupu nasional.Beberapa spesies langka kupu-kupu di dunia yang hanya akan ditemui di taman nasional penangkaran kupu-kupu di Maros.

Selain itu, terdapat beberapa goa yang sekarang menjadi salah satu objek wisata di Bantimurung ini menurut sejarah awalnya Goa-goa batu di bantimurung ini adalah tempat bertapa dan tempat tinggal Karaeng Toakala atau raja Toakala hingga tak heran kala melintas sepanjang jalan menuju goa tersebut terdapat sebuah makam raja toakala atau kepala suku tersebut.
Ada juga wisata yang tidak kalah menarik dan paling berkesan di bantimurung yaitu Air terjun Bantimurung Wisata andalah di bantimurung karena tak akan lengkap ke Bantimurung sebelum menikmati indahnya air jatuh dari atas ke bawah dengan melawati bebatuan hingga seakan memanjakan mata bahwa terdapat pemandangan air terjun yang luar biasa.

Masih banyak sekali wisata alam yang ditawarkan oleh Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini. Anda tentu tak akan puas bila hanya membaca dan melihat keindahan alam yang ada di bantimurung bila hanya meleati tulisan dan gambar photo sebelum membuktikanya sendiri.
Indonesia penuh dengan cipratan keindahan syurga dengan pelbagai keindahan alam bumi nusantara. Lalu siapakah yang akan bangga dengan negeri indah penuh potensinya kalau bukan orang Indonesia sendiri? Visit Sulawesi Selatan 2012.

TULISAN 18 :Pulau Derawan

Kepulauan Derawan merupakan gugusan pulau yang terletak di Selat Makassar dan masuk wilayah administrasi Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kaltim.
Sejumlah pulau yang terdapat di Kepulauan Derawan antara lain Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Samama dan Pulau Panjang. Perairan di sekitar Kepulauan Derawan kaya akan karang dan biota laut yang menjadi objek wisata selam.Sedikitnya terdapat 18 titik lokasi penyelaman di sana. Di sekitar Pulau Derawan sendiri, keindahan karang dan ikan sudah bisa dinikmati dengan pola penyelaman slope dangkal 5-25 meter.
Selain Pulau Derawan, terdapat Kawasan Pulau Kakaban yang terdiri dari karang atol dan membentuk danau di tengah laut. Di dalam danau itu tinggal ribuan ubur-ubur yang tidak memiliki sengat. Danau Kakaban adalah salah satu dari dua habitat ubur-ubur tanpa sengat yang telah ditemukan di dunia. Habitat yang sama dapat ditemukan di Kepulauan Palau, Micronesia di Samudera Pasifik.
Pesona Kepulauan Derawan lainnya terdapat di sekitar Pulau Sangakali yang merupakan kawasan konservasi penyu yang dikelola Kementrian Kehutanan. Dari seluruh Kepulauan Derawan, Pulau Sangalaki yang memiliki luas daratan 12 hektar menjadi tempat bertelur penyu terbesar.  Ada dua spesies penyu yang biasa bertelur di Pulau Sangalaki yakni penyu hijau dan penyu sisik. Penyu hijau paling banyak ditemui bertelur di Pulau Sangalaki pada malam hari.
Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai “Blue Trigger Wall”


sumber : http://lookman89.wordpress.com/2010/05/17/19-pesona-keindahan-wisata-alam-indonesia/

TULISAN 19 :  Green Canyon

Kalau Amerika punya Grand Canyon, maka Indonesia punya Green Canyon. Nama asli dari Green Canyon ini adalah Cukang Taneuh. Sedangkan sebutan Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada tahun 1993. Cukang Taneuh berarti jembatan tanah, yang mewakili sebuah jembatan dari tanah yang terbentang di atas lembah dan jurang Green Canyon, yang biasa dilalui petani setempat ketiks menuju kebun-kebun mereka. Green Canyon merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus sebuah gua dengan pemandangan mempesona. Gua tersebut memiliki stalagtit dan stalagmit yang sangat indah.

Green Canyon berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis. Sekitar 130 km jaraknya dari kota Ciamis, atau sekitar 31 km dari Pangandaran.Untuk sampai di Green Canyon Anda harus pergi ke dermaga Ciseurueh. Dari dermaga inilah perjalanan menggunakan perahu dimulai. Jarak dermaga Ciseurueh – Green Canyon sekitar 3 km.  Dianjurkan bagi yang ingin berkunjung untuk memilih waktu-waktu beberapa saat setelah masuk musim kemarau. Pada musim hujan, arus sungai lebih deras dan air berwarna agak kecoklatan.

Read more at http://uniqpost.com/33824/menjelajahi-green-canyon-nya-indonesia/#





TULISAN 20 : Baluran

Baluran adalah Afrikanya Indonesia, Taman Nasional ini merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran
sumber : http://lookman89.wordpress.com/2010/05/17/19-pesona-keindahan-wisata-alam-indonesia/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.